Inilah Daerah Basis Teroris Indonesia versi Pengamat

Rabu, 05 September 2012
Gungun Gunawan – KBR68H

Pengamat Teroris menyebut wilayah Sulawesi Tengah, Jakarta, Medan (Sumatera Utara), dan Solo (Jawa Tengah) menjadi basis dari kegiatan teroris.

Pengamat teroris dari Yayasan Prasasti Perdamaian Taufik Andrie mengatakan, daerah-daerah tersebut dibagi menjadi basis konsentrasi tertentu dari kegiatan para teroris tersebut.

“Itu daerah untuk penguatan keterampilan terkait kebutuhan penyerangan. Mereka akan menghubungi satu orang, biasanya base nya ada di Sulawesi Tengah seperti Poso, Palu, dan Sulawesi Tenggara. Mereka datang ke sana untuk berlatih. Siapa yang akan membiayai pelatihan tersebut? Mereka akan menghubungi orang yang ada di Jakarta dan Medan. Ketika kelompok lain membutuhkan rencana untuk menyerang mereka akan menghubungi kelompok lain, yang sejauh ini ada di Jakarta dan Solo,” kata Taufik Andre.

Taufik Andrie mengatakan, dalam kegiatan komunikasi, mereka akan dihubungkan oleh perantara. Namun demikian, menurut Taufik, saat ini aksi dari kelompok-kelompok baru cenderung lebih independen dan tanpa alur komando yang jelas. Kelompok baru ini tidak terlalu terikat dengan para tokoh lama teroris di Indonesia.

Copyright © 2018 Yayasan Prasasti Perdamaian. All Rights Reserved